Dukungan E-Government Dalam Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro

  • Vico Tri Okta Pria Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Bojonegoro, Indonesia
  • Junadi Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Bojonegoro, Indonesia
  • Muhammad Miftahul Huda Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Bojonegoro, Indonesia

Abstract

Penerapan E-Government merupakan sebuah tindakan yang dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi secara elektronis Wide Area Network, internet mobile computing dalam ruang lingkup penyelenggaraan pemerintahan yang ta terbatas tempat dan waktu dengan tujuan untuk mengoptimalisasikan proses pelayanan public yang efektif dan efisien. Dukungan e-government dalam pelayanan pada masyarakat di Kecamatan Gondang ini menggunakan 3 elemen sukses yaitu, elemen support (dukungan), elemen capacity (Kemampuan) dan elemen value (Manfaat) serta mendeskripsikan Kendala yang menjadi penghambat penerapan e-government. Penulis melakukan penelitian di Kecamatan Gondang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan e-government dalam pelayanan pada masyarakat di Kantor Kecamatan Gondang. Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu, Camat Kecamatan Gondang, Sekretaris Camat Kecamatan Gondang, Staff Bidang Pelayanan Umum Kecamatan Gondang serta Masyarakat yang pernah mengurus pelayanan publik seperti pelayanan administrasi. Sumber data diperoleh dari data primer dengan metode wawancara dan pengamatan secara langsung serta data sekunder yaitu bersumber dari buku, arsip, majalah, website resmi serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara serta Ddokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan e-government di Kecamatan gondang telah diterapkan e-government namun masih memiliki kekurangan sehingga belum bisa dikatakan sempurna dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, alhasil kecamatan gondang telah melaksanakan langkah untuk mengatasi masalah yang saat ini dihadapi supaya pelayanan kepada masyarakat yang berbasis e-government seutuhnya dapat melayani masyarakat yang hendak mengakses layanan tersebut.

References

Haryanto dan Helena Ras Ulina Sembiring. (2021). Membangun Pribadi Prima dalam Pelayanan Publik. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Haryati, A.M.S. (2022). Implementasi E-Government dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Penyelenggaraan Pelayanan KTP Elektronik di Kecamatan Pulomerak).

Indrajit, R. E. (2002). Electronic Government (Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government, Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informasi Deputi Bidang Telematik.

Marino, S. (2018). Penerapan E-Government Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Di Kabupaten Sidoarjo. Doctoral Dissertation.

Miles, B. M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Moleong, L.J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Nugraha, J. T. (2018). E-Government dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman). Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 32-42.

Oktavya, A. A. (2015). Penerapan E-Government Pada Kanor Pelayanan Pajak Pratama Dalam Pemberian Pelayanan Di Kota Bontang. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1433-1447.

Septian, E. (2021). Application of the Online Registration Application Service System at the General Hospital Dr. Sardjito Yogyakarta. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 5(1), 53–64. https://doi.org/10.21787/mp.5.1.2021.53-64

Shofa Hasan, W., Kumalasari, A., & Taufiq, A. (2022). Evaluasi Aplikasi (Si N’duk) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bojonegoro Di Masa Pandemi Covid-19. JIAN - Jurnal Ilmiah Administrasi Negara, 6(2), 44-50. https://doi.org/10.56071/jian.v6i2.656

Simamora, B. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Soekanto, S. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suharyana, Y. (2017). Implementasi E-Government Untuk Pelayanan Publik di Provinsi Banten. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 45-58.

Suprastiyo, A. (2018). Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik di Kantor Kecamatan Kanor (Studi Tentang kualitas Pelayanan Publik). https://doi.org/10.30656/sawala.v6i2.710

Wardani, F. S. (2018). Penerapan E-Government dan Good Governance Terhadap Pelayanan E-Samsat Jawa Timur (Studi Empiris Pada Kantor Bersama SAMSAT Mojokerto). Doctoral Dissertation.

Published
2024-05-31
How to Cite
Pria, V. T. O., Junadi, & Huda, M. M. (2024). Dukungan E-Government Dalam Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro. JIAN - Jurnal Ilmiah Administrasi Negara, 8(2), 69-80. https://doi.org/10.56071/jian.v8i2.882
Section
Articles