STRATEGI DINAS SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN MASYARAKAT BAGI PENDERITA EKS KUSTA (Studi Kasus di Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Lara Kronis Tuban)

  • Jihan Novitasari, Sri Kasiami, Ahmad Taufiq universitas bojonegoro
Keywords: Strategi, Dinas Sosial, Penerimaan Masyarakat, Penderita Eks Kusta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai strategi Dinas Sosial UPT RSBLK Tuban dalam meningkatkan penerimaan masyarakat bagi penderita eks kusta. Permasalahan yang terjadi, selama ini Masyarakat masih memberikan diskriminasi dan stigma terhadapat eks penderita kusta. Sehingga, diperlukan strategi penanganannya.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan strategi studi kasus, dengan menggunakan rujukan Suryono (2004:80), bahwa strategi berkaitan degan tiga hal: tujuan, sarana, dan cara. Penentuan informan memakai teknik purposive sampling dan snowball sampling. Informan kunci penelitian ini adalah dari UPT RSBLK Tuban dan informan yang terlibat langsung dalam interaksi social yang diteliti, yakni seksi rehabilitasi.

Published
2024-01-29
How to Cite
Ahmad Taufiq, J. N. S. K. (2024). STRATEGI DINAS SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN MASYARAKAT BAGI PENDERITA EKS KUSTA (Studi Kasus di Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Lara Kronis Tuban). JIAN - Jurnal Ilmiah Administrasi Negara, 8(1), 98-108. https://doi.org/10.56071/jian.v8i1.837