STRATEGI DINAS PERDAGANGAN KOPERASI DAN USAHA MIKRO BOJONEGORO DALAM PENGEMBANGAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Dito Ringka Nurvadilla Program Studi Ilmu Administrasi Publik, FISIP, Universitas Bojonegoro
  • Ana Kumalasari Program Studi Ilmu Administrasi Publik, FISIP, Universitas Bojonegoro
  • Ahmad Suprastiyo Program Studi Ilmu Administrasi Publik, FISIP, Universitas Bojonegoro
Keywords: Strategi, Pengembangan UMKM, Pandemi Covid-19

Abstract

Sektor UMKM bisa di bilang sebagai sektor terbesar dalam penyerapan tenaga kerja  karena memanfaatkan tenaga kerja yang banyak. Bojonegoro adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang mengupayakan pengembangan ekonomi daerahnya dengan mengoptimalkan berbagai sektor yang ada, salah satunya sektor UMKM yang mempunyai potensi yang besar untuk di kembangkan. Maka dari itu dibutuhkan strategi untuk mengembangkan usaha yang ada supaya produk-produk unggulan bisa di kenal oleh masyarakat luas. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis strategi Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Bojonegoro dalam pengembangan UMKM di masa pandemi covid-19. Jenis penelitianini deskriptif pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada pencapaian tujuan dan solusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan UMKM di Kabupaten Bojonegoro pada masa pandemi covid-19 adalah pelatihan promosi melalui media online, fasilitasi pendaftaran HKI, ajang pameran UMKM, pengembangan sumber daya manusia, legalitas usaha, dan program kartu pedagang produktif (KPP) sudah tepat namun kurang merata karena sebagian dari pelaku UMKM belum mengikuti program tersebut

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta, 2004.

Budiarta, Kustoro. Pengantar Bisnis. Mitra Wacana Media, Jakarta, 2009. Irena Diana Sari Wijayanti. Manajemen. Mitra Cendikia Press, Yogyakarta, 2005.

M. Azrul Tanjung. Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Sebagai Fondasi Perekonomian Indonesia. Erlangga, Jakarta, 2017. M. Husni. Manajemen Strategi. DIPA STAIN Kudus, Kurus, 2009.

Moleong, lexy. Prof. Dr. MA. Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Roda Karya, Bandung, 2010.

Mudrajat Kuncoro. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif Erlangga, Jakarta.

Munawar Syamsudi. Dasar-dasar dan Metode Penulisan Ilmiah. 2005. Qotunnada Ratri Hamida, Agung Tri Pambudi Sejati, Ana Zulfatu

Mujahidah. Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Berbasis Teknologi Untuk Menghadapi Revolusi 4.0. 2019.

Subagyo, Ahmad. Studi Kelayakan Teori dan Aplikasi. Gramedia, Jakarta, 2008.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif dan R dan D. Alphabeta, Bandung, 2015.

Tulus Tambunan. Usaha Mikro Kecil Menengah di Indonesia Isu-isu Penting. LP3ES, Jakarta. 2012.

Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 54 Tahun 2018 Tentang Pemberdayaan Pedagang Mikro Melalui Program Pedagang Produktif.

Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 66 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas, dan Tata Kerja Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro.

Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Pengembangan dan Perlindungan Koperasi dan Usaha Mikro.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Edy Suandi Hamid dan Y. Sri Susilo. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Volume 12 No. 1 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia dan Fakultas Ekonomi Atmajaya Yogyakarta, 2011.

Hasfah. M. J 2004. Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Info kop No. 25. 2015

Listiawan Vivi, Ifa Khoiria Ningrum, Januarti. Dampak Pemasaran Terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah Kerajinan Kayu Jati Saat Pandemi Covid-19 kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama. 2021.

Mujiatun siti dan Sri Musyuli Manullang. Strategi Promosi Pedagang Usaha Mikro Kecil Menengah Untuk Meningkatkan Pendapatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Proceding Seminar Kewirausahaan Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. 2021.

Parhuniarti. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sektor Kuliner Pada Masa Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Preti Adma Nirmala. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pirez Loudry Samarinda. Ejournal Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. 2018.

Published
2023-07-31
How to Cite
Ringka Nurvadilla, D., Kumalasari, A., & Suprastiyo, A. (2023). STRATEGI DINAS PERDAGANGAN KOPERASI DAN USAHA MIKRO BOJONEGORO DALAM PENGEMBANGAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19. JIAN - Jurnal Ilmiah Administrasi Negara, 7(2), 46-54. https://doi.org/10.56071/jian.v7i2.669