OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN PURWOSASI

  • Boni Firmansyah Setio Aji Program Studi Ilmu Administrasi Publik, FISIP, Universitas Bojonegoro
  • Junadi Program Studi Ilmu Administrasi Publik, FISIP, Universitas Bojonegoro
  • Ida Swasanti Program Studi Ilmu Administrasi Publik, FISIP, Universitas Bojonegoro
Keywords: Optimalisasi, Sitem Informasi Desa, Pelayanan Publik

Abstract

Berdasarkan Undang-Undang Desa No. 6 Tahun 2014 pemerintah dan pemerintah daerah wajib mengembangkan Sisitem Informasi Desa (SID) dan pembangunan kawasan perdesaan. Dengan manfaat Sistem Informasi Desa, merupakan salah satu upaya pemerintah desa untuk mewujudkan pembangunan, mewujudkan pemerintah yang baik (good governance), transparan dan akuntabel. Sisitem Informasi Desa akan memberikan akses publik akan informasi sesuai dengan Undang-Undang pelayanan publik, yakni Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mendiskripsikan dan mengidentifikasi permasalahan dalam Optimalisasi  Sistem  Informasi  Desa  dalam  meningkatkan  Pelayanan publik di Desa Donan Kecamatan Purwosari. Adapun jenis penelitian pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada tujuan, alternatif keputusan, sumber daya yang dibatasi. Dalam penelitian ini metode analisa data yang digunakan adalah analisa kualitatif non statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan sistem informasi desa belum sepenuhnya optimal, masih banyak data desa yang belum terdata secara lengkap serta belum memberi akses lebih kepada masyarakat untuk  melihat  transparansi  desa,  program kerja,  kebijakan desa dan pelayanan publik, kurangnya kebijakan desa untuk pengelolaan sistem informasi desa. 3. Kurangnya Sumber Daya Manusia yang  menjadikan hambatan pada penerapan sistem informasi  desa  di Desa Donan.

References

Apriyansyah1 , Isnaini Maullidina2 , Eko Priyo Purnomo3, Efektivitas Sistem Informasi Desa (SID) Dalam Pelayanan Publik Di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, JAKPP, Yogjakarta, 2018.

Herbert H.O, Siagian, M. Sc, Sistem Informasi Desa dan Akses Informasi, Pemantau Regulasi dan Regulator Media (PR2Media), Jakarta, 2017.

Ihsan, Pemanfaatan Web Service, Fakultas Teknik UMP, Purwokerto, 2017

Ismail Nurdin, M. Si, Kualitas Pelayanan Publik ( Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik ), Media Sahabat Cendekia, Bandung, 2019.

Karta Kusuma, Optimalisasi Sistem Informasi Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Desa Pa’Payak, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “ APMD”, Yogjakarta, 2022.

Machfud Sidik, Optimalisasi Pajak Daerah Dan Restribusi Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Keuangan Daerah, Bandung, 2002.

Prayuga Kurniawan, Putri Ariella Belinda, Septika Puspitasari, Windha Triantika, Penerapan Sistem Informasi Manajemen Untuk Peningkatan Pealayanan di Kantor Desa Bendo, Tulungagung, 2021.

Risma, Kajian teori pada penelitian yang berjudul optimalisasi penerapan penilaian autentik dalam mengukur sikap dan keterampilan siswa pada sub konsep daur ulang limbah, UNPAS, Bandung, 2016.

Tri Widodo Wahyu Utomo, Pengukuran Indeks Persepsi Inovasi Pelayanan Publik, Pusat Inovasi Pelayanan Publik Lembaga Administrasi Negara, Jakarta, 2017.

Departemen Dalam Negeri, Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Dirjen Bina Pemberdayaan Masyarakat, Jakarta, 2014.

Departemen Dalam Negeri, Undang – undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Dirjen Bina Pemberdayaan Masyarakat, Jakarta, 2009.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro, Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 10 Tahun 2017 tentang Tata kelola Informasi Desa di Kabupaten Bojonegoro, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Bojonegoro, 20

Published
2023-07-31
How to Cite
Firmansyah Setio Aji, B., Junadi, & Swasanti, I. (2023). OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN PURWOSASI. JIAN - Jurnal Ilmiah Administrasi Negara, 7(2), 28-34. https://doi.org/10.56071/jian.v7i2.666

Most read articles by the same author(s)