Pengaruh Layanan Penjualan Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Studi Pada Terminal Fashion Kec. Parengan Kab. Tuban

  • Anggi Sanjaya Putra Fakultas Ekonomi Universitas Bojonegoro
  • Hartiningsih Astuti Fakultas Ekonomi Universitas Bojonegoro
Keywords: layanan, penjualan online, keputusan pembelian

Abstract

Tujuan penelitian  Untuk menganalisis dan mengetahui seberapa besar pengaruh pelayanan online yang berupa kualitas produk, ketepatan waktu, sistem pembayaran, respon penjualan,secara simultan dan secara parsial terhadap keputusan pembelian di Terminal Fashion.

Hipotesa dalam penelitian ini adalah di duga dari keempat faktor layanan yang berupa kualitas produk, waktu pengiriman, sistem pembayaran dan respon penjual ada   yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen di Terminal Fashion adalah kualitas produk.

Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan angka-angka dan perhitungan dengan statistik tertentu yaitu SPSS, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Sekunder. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 orang responden di ambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Sedangkan analisis datanya menggunakan Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Regresi Linier Berganda, Uji T- Test, Uji F-test, dan Uji Determinasi r2.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan penelitian ini yaitu:   1). Nilai Signifikansi Kualitas produk ( X1) sebesar 0,000 dan nilai tersebut  <  dari  nilai  probabilitas  0,05  maka     hipotesis  diterima.  2)  Nilai Signifikansi Waktu pengiriman ( X2) sebesar 0,650 dan nilai tersebut > dari nilai probabilitas 0,05 maka hipotesis ditolak. 3) Nilai Signifikansi Sistem Pembayaran (X3) sebesar 0,374 dan nilai tersebut < dari nilai probabilitas 0,05 maka hipotesis diterima.4)  Nilai  Signifikansi  Respon  Penjual  (  X4)  sebesar  0,558  dan  nilai tersebut  > dari  nilai  probabilitas  0,05  maka hipotesis  ditolak.  Dengan  hasil  f hitung sebesar 3,616 > dibanding dengan f tabel yaitu 2,47. Dengan itu hipotesis kedua diterima. Artinya jika Kualitas produk, Waktu pengiriman, Sistem Pembayaran, dan Respon penjual selalu ditingkatkan maka berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.

References

Ghozali Imam, 2009. Ekonometrika – Teori, konsep dan Aplikasi SPSS 17 Badan Penerbit Diponegoro Semarang
Hammel, Prahalad 2007, Strategi Pemasaran: Balai Pustaka. Jakarta
Kolter Philip, Amstrong, 2008. Dasar-dasar pemasaran, jilid 1, Prentice Hall, New Jersey 2009
Kolter Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta : Prenhallindo
Priyatno Dwi, 2016. Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS : Yogyakarta
Rifqi Nugroho Adi, 2013. Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian (studi pada online shop)
Simamora Bilson. 2003. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitable. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Tjiptono Fandy, 2007. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Penerbit Andi
http://www.slideshare.net/aislao/me mbangun-ekuitas-merk. http://ekonomi.kompasiana.com/mar keting/2012/05/2/strategi-berjualan- produk-fashion-di-online-shop.html.
Published
2021-07-16
How to Cite
Sanjaya Putra, A., & Astuti, H. (2021). Pengaruh Layanan Penjualan Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: Studi Pada Terminal Fashion Kec. Parengan Kab. Tuban. JEMeS - Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sosial, 4(2), 49-60. Retrieved from http://ojs.ejournalunigoro.com/index.php/JEMeS/article/view/252