PERENCANAAN TEMBOK PENAHAN TANAH STRUKTUR KANTILEVER

Studi Kasus Ruas Jalan Bakalan – Semanding Kecamatan Kapas, Bojonegoro

  • Ir. Soegyarto. MM Program Studi Teknik Sipil Universitas Bojonegoro
  • Kukuh Bahtiar Program Studi Teknik Sipil Universitas Bojonegoro
Keywords: Stabilitas Geser, Guling, Daya Dukung Tanah, Tipe Kantileve

Abstract

Terdapat banyak manfaat pembangunan tembok penahan tanah di wilayah Bojonegoro.
Salah satu fungsinya yaitu untuk menstabilkan area tanah di sekitar bahu jalan agar tidak terjadi
longsor ataupun penurunan tanah akibat faktor alam (hujan dan banjir) maupun faktor tekanan
beban dari atas jalan. contoh yang terjadi dapat kita lihat di jalan raya desa bakalan kecamatan kapas. Jalan beraspal yang sudah diperbaiki mudah sekali rusak kembali. Kerusakan dimulai dari bagian tepi jalan hingga merembet ke tengah jalan. Akibatnya permukaan jalan jadi tidak rata lagi dan berbahaya bagi para penggunanya. Tembok penahan tanah adalah suatu struktur konstruksi yang dibangun untuk menahan tanah yang mempunyai kemiringan, dinding penahan tanah digunakan untuk menahan tekanan tanah lateral yang ditimbulkan oleh tanah urugan atau tanah asli yang labil akibat kondisi topografinya. Tujuan dari perencanaan ini adalah untuk mengatasi masalah longsornya tanah dan mengurangi resiko kerusakan jalan dari akibat tersebut. Perhitungan tekanan tanah dihitung dengan menggunakan Teori Rankine serta perhitungan stabilitas terhadap keruntuhan kapasitas dukung tanah dihitung berdasarkan persamaan Terzhagi berdasarkan data-data karakteristik (c dan Ø ). Hasil perencanaan dinding penahan tipe kantilever dengan menggunakan data tanah hasil uji laboratorium pada salah satu lokasi di wilayah Bojonegoro dengan Tinggi Tembok Penahan Tanah 2,5 m, lebar alas (L) 1,75 stabil terhadap gaya guling 0,29 ( Aman ), geser 2,10 ( Aman ) , dan keruntuhan daya dukung tanahnya dihitung dengan Metode Terzaghi adalah 4,75 > 1,80 Ok.

References

Das, B.M., Noor, E dan Mochtar, IB., 1983, Mekanika Tanah Jilid 2, Penerbit Erlangga.

Hakam, Abd, dan Mulya, R.P , 2011, study Stabilitas Dinding Penahan Tanah Kantilever pada Ruas jalan Silang Padang Bukittinggi KM64+500, Jurnal Rekayasa sipil Vol 7 Februari 2011, Universitas Andalas, Padang.

Dr.ir Suyono sosrodarsono & Kazuto Nakazawa, 2000, Mekanika Tanah 2& Pondasi”Jaky (1994), Tekanan Tanah Dalam Keadaan Diam Dapat Diwakili Oleh Hubungan Empiris

Terzaghi, (1993), Stabilitas Terhadap Daya Dukung Tanah.

SNI-2487-2002 tentang Tata cara perhitungan struktur beton untuk bangunan gedung KP-02 (1986), Perecanaan Bendung
Published
2020-01-31