KAJIAN ULANG CONTROL STABILITAS GROUNDSILL BENDUNG GERAK SUNGAI BENGAWAN SOLO DI KABUPATEN BOJONEGORO

  • Harjono ST. M.Si Program Studi Teknik Sipil Universitas Bojonegoro
  • Dimas Putra Permana Program Studi Teknik Sipil Universitas Bojonegoro
Keywords: groundsill, bendungan gerak, stabilitas

Abstract

Bendungan gerak di desa Ngringinrejo kec. Kalitidu dan desa Padang kec. Trucuk adalah sebuah aset negara yang memiliki nilai penting bagi masyarakat Bojonegoro. Dari kondisi tersebut, penurunan elevasi dasar (scouring) pada bagian downstream bendungan gerak Bojonegoro selain karena akibat penambangan pasir juga terjadi akibat pengaruh hidraulis. Dengan adanya pembangunan groudsill dapat mengembalikan kondisi sungai serta, menjaga bangunan Bendungan Gerak, dan mengatur arus sungai. Groundsill merupakan suatu struktur ambang melintang yang di bangun pada alur sungai yang bertujuan untuk mengurangi kecepatan arus dan meningkatkan laju pengendapan di bagian hulu struktur. Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin menganalisis stabilitas Groundsill baik ditinjau dari keamanan terhadap bahaya gerusan, bahaya rembesan (piping), keamanan terhadap daya dukung tanah, dan kemanan terhadap bahaya geser pada saat debit banjir.
Hasil yang didapatkan berdasarkan anilisis yang di lakukan adalah groundsill bendung gerak aman dari bahaya rembesan (piping) karena nilai weight creep
ratio hitung lebih besar daripada weight creep ratio untuk tanah berjenis pasir halus. Groundsill bendung aman dari bahaya geseran saat banjir. Groundsill tidak
aman dari daya dukung tanah karena nilai tekanan lebih besar daripada daya dukung tanah. Groundsill aman dari bahaya gerusan.

References

Bendungan Gerak Bojonegoro - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasid.wikipedia.org

Dinas Pekerjaan Umum, 1986, KP-02 Bangunan Utama. Jakarta: Dirjen Pengairan. Dinas Pekerjaan Umum, 1986, KP-06 Parameter Bangunan. Jakarta: Dirjen Pengairan Dinas Pekerjaan Umum, 2013, KP-02 Bangunan Utama.

Jakarta: Dirjen Pengairan. Dinas Pekerjaan Umum, 2013, KP-06 Parameter Bangunan. Jakarta: Dirjen Pengairan Muhammad, S. (2012). Kontrol stabilitas. Universitas Negeri Yogyakarta.

Indarto ,(2016). Hidrologi. Bumi aksara Bambang Triatmodjo, 2008. Hidrologi Terapan. Yogyakarta: Beta Offset.

Suryolelono, K. B, & Dip, H. E. 1994 . Teknik Pondasi Bagian I (Pondasi Telapak Dan Dinding Penahan Tanah). Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.

Bambang Triatmodjo. (1993) Hidrolika II. Beta Offset, Jogyakarta.
Published
2020-01-30