ANALISA KERUSAKAN DAN PERBAIKAN JALAN ASPAL

Studi kasus : Jalan Bangilan – Tapelan Kec. Kapas Kab. Bojonegoro

  • Musthofa Program Studi Teknik Sipil Universitas Bojonegoro
Keywords: Jalan Aspal, kerusakan jalan, metode komponen SKBI 1987 Bina Marga

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan mobilitas keseharian, sehingga volume kendaraan yang melewati suatu ruas jalan akan mempengaruhi kapasitas dan kemampuan dukungnya. Kekuatan dan keawetan kontruksi perkerasan jalan sangat ditentukan oleh beban yang diterima jalan tersebut, sifat-sifat daya dukung tanah dasar, kualitas bahan baku perkerasan. Dari hasil survey didapat beberapa kerusakan yaitu tambalan, retak, lubang, gelombang dan amblas pada desa Bangilan – Tapelan dilakukan penanganan perbaikan untuk mengatasi kerusakan dengan menambal atau melakukan lapis ulang tetapi tidak menyelesaikan masalah. Tambalan luas kerusakan 218 dengan Nq 4,26, Retak luas kerusakan 208 dengan Nq 4,16, Lubang luas kerusakan 205 dengan Nq 4,1, Alur luas keruskan 113 dengan Nq 2,26, Gelombang luas kerusakan 204 dengan Nq 4,08, Belahan luas kerusakan 29,8 dengan Nq 0,596, Nilai kerusakan jalan = 19,5, Untuk perencanaan tebal lapis tambahan dengan Umur Rencana 5 tahun, sesuai dengan perhitungan yang di peroleh dari hasil, maka untuk tebal lapisan tambahan yaitu Laston = 3 cm ( laston ms 774 ).  

References

Putri, Vidya Annisah. 2016. Identifikasi Jenis Kerusakan pada Perkerasan Lentur. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Putri, Vidya Annisah dkk. 2016. Identifikasi Jenis Kerusakan pada Perkerasan Lentur (Study Kasus Jalan Soekarno-Hatta Bandar Lampung). Bandar Lampung:
Universitas Bandar Lampung.

Efendi Rizal Ahmad. 2016. Perencanaan Perbaikan Perkerasan Tebal Lentur. Unigoro

Nuryati, Sri. Analisis tebal lapis perkerasan dengan metode bina marga 1987

Sudarno. 2015. Analisa perkersan lentur jalan raya penentuan komponen tebal lapis perkerasan jalan jurusan bojonegoro pajeng (bts. Kabupaten nganjuk).
Bojonegoro: Unigoro.

Kumalawati andi. Perencanaan tambahan perkerasan jalan dengan metode hrodi. NTT: Universitas Nusa Cendana.

Sukirman, 2003. Perkerasan jalan. : UGM.
Published
2019-07-01